Tips Manajemen Keuangan Bagi Bujangan

Masa bujangan bagi setiap orang memiliki anggapa yang berbeda, ada yang menganggap negatif karena masih membujang dan belum mendapatkan jodoh, namun ada pula yang begitu menikmati kesendiriannya. Yang pasti setiap bujangan baik itu pria ataupun wanita pasti memiliki alasan mereka masing-masing. Dari segi keuangan ada yang menganggap kalau dengan menjadi seorang bujangan maka akan dapat lebih banyak menabung karena belum ada berbagi  nafkah dengan pasangan atau anak, namun tidak jarang justru dengan menjadi seorang bujangan lebih banyak mengeluarkan banyak uang walaupun sebenarnya penghasilannya sudah besar.

Berikut ini ada beberapa tips tentang manajemen keuangan bagi bujangan berupa cara membagi atau mengatur keuangan bagi anda yang saat ini masih bujangan. Walaupun masih bujangan namun tetap saja perlu mengatur keuangan, karena hal tersebut berkaitan dengan masa depan anda sendiri karena kedepan anda tetap akan memikirkan rencana pernikahan, investasi dan masih banyak lagi yang lainnya. Sayangnya kebanyakan bujangan belum memikirkan hal tersebut walaupun usianya sudah menginjak usia 25 tahun ke atas.

Tips Manajemen Keuangan Bagi Bujangan

Alangkah baiknya kalau anda setiap bulannya selalu mencoba untuk membagi keuangan berdasarkan prosentasi menjadi beberapa kelompok sesuai dengan kebutuhan.

manajemen keuangan bagi bujangan

Langkah yang dilakukan pertama kali adalah dengan menyisihkan 20-30% dari total penghasilan anda setiap bulan untuk dijadikan sebagai tabungan.

Kedua sisihkan 10-20% sebagai dana darurat, hal ini dapat dipergunakan untuk kebutuhan mendesak yan di luar prediksi misalnya untuk sakit atau keperluan lainnya.

Ketiga adalah sisakan 10% untuk investasi, hal ini tidak lain untuk tabungan tambahan masa depan anda dan keluarga anda nantinya.

Keempat adalah sisa dari pembagian di atas sekitar 40-50% dapat digunakan untuk kebutuhan anda sehari hari.

Kelima adalah jika anda masih mampu menekan semua pengeluaran sehingga masih memiliki sisa uang setiap bulannya dapat anda coba untuk menginvestasikan ke dalam bentuk logam mulia, atau reksadana.

Jika manajemen keuangan bagi bujangan ini dilaksanakan dengan tertib maka semoga kedepannya anda tidak perlu khawatir untuk biaya pernikahan bahkan biaya pembelian rumah ketika sudah berkeluarga. Dan jika semenjak masih membujang anda sudah terbiasa melakukan manajemen keuangan seperti diatas maka ketika sudah berkeluarga anda juga telah terbiasa menjalankan manajemen keuangan rumah tangga dengan baik, bahkan beberapa kebutuhan pokok seperti rumah dan kendaraan sudah anda miliki sebelum anda berumah tangga.

Artikel Terkait

Leave Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

five × 1 =