Peluang Usaha Ternak Yang Menguntungkan

loading...

Peluang usaha ternak sudah dijalankan sejak lama oleh banyak orang karena terbukti menguntungkan. Ada tips jitu bagi Anda yang ingin mendapatkan hasil tambahan tanpa harus meninggalkan pekerjaan pokok, yaitu memelihara ternak. Hewan ternak seperti sapi, kambing, ayam, itik, burung puyuh, dan ikan jika ditekuni bisa sangat membantu mencukupi kebutuhan hidup. Peluang usaha ternak saat ini masih sangat terbuka lebar, termasuk bagi pemula.Peluang Usaha Ternak

Peluang Usaha Ternak bagi Pemula

1. Ayam kampung
Peluang usaha ternak ayam kampung cukup menjanjikan karena pemeliharannya sangat mudah dan memerlukan modal yang kecil. Anda cukup membeli beberapa ekor ayam kampung betina dan seekor ayam jantan usia muda.
Langkah berikutnya adalah pembuatan kandang dari bahan bambu. Ketika tiba musim kawin, jangan lupa untuk membuatkan sarang untuk bertelur. Biarkan ayam-ayam betina tersebut mengerami telur-telurnya hingga menetas sehingga ayam kampung yang hanya beberapa ekor tersebut nantinya akan berkembang biak menjadi puluhan ekor. Jika jumlahnya telah banyak, Anda bisa mendapatkan penghasilan dari hasil penjualan ayam dan telurnya. Inilah yang disebut sebagai bisnis ternak ayam kampung.

2. Itik
Bisnis ternak berikutnya adalah dengan memelihara itik/ bebek. Itik sangat suka hidup berkelompok, jadi sebaiknya Anda membeli itik dalam jumlah yang cukup banyak, 10, 20, 30,dan seterusnya. Dari sekelompok itik tersebut, Anda cukup memiliki 1-2 ekor itik jantan.
Selanjutnya buatlah kandang berupa pagar bambu yang cukup luas di atas tanah dan diberi atap. Saat tiba musim kawin, itik-itik betina akan bertelur begitu saja di dalam kandang. Telur-telur tersebut bisa dijual dalam kondisi mentah atau dalam bentuk telur asin. Anda juga bisa menjual beberapa itik betina yang kurang produktif dan membeli kembali itik-itik betina yang masih muda.

3. Ikan lele
Memelihara ikan lele juga bisa menjadi bisnis ternak yang memberi penghasilan menarik. Ikan lele banyak dibutuhkan untuk menu masakan mangut lele, lele goreng, lele bakar, atau pecel lele. Anda pun bisa memelihara ikan lele, meski memiliki lahan pas-pasan.
Caranya buat kolam ikan lele ukuran sedang, misalnya 3 m x 1,5 m x 1,5 m. Isi dengan air, dan biarkan beberapa hari hingga aroma semen hilang (1-2 minggu). Setelah dikuras, berilah bibit ikan lele secukupnya (sekitar 100-200 ekor). Mengenai makanannya, Anda bisa membeli makanan khusus untuk ikan lele yang disesuaikan dengan tahapan usianya. Umumnya setelah 3-4 bulan ikan lele sudah bisa dipanen.

Demikan beberapa peluang usaha ternak bagi pemula yang bisa Anda coba. Semoga bermanfaat!

loading...

Artikel Terkait

Leave Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

14 − 7 =