Peluang Usaha Menjelang Mudik Lebaran

Tradisi mudik setelah bulan puasa telah menjadi sebuah kebiasaan rutin yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Bahkan mungkin saja tradisi mudik ini cuman ada di Indonesia saja.

Mudik merupakan saat dimana banyak masyarakat yang secara berbondong – bondong kembali pulang menuju kampung atau desa tempat tinggal orang tuanya masing – masing ketika telah tiba libur lebaran. Ketika musim mudik tiba biasanya kota – kota di Jakarta, Surabaya dan kota besar lain yang pada hari biasa padat dengan keramaian berubah menjadi sangat sepi dan lengang.

Peluang Usaha Menjelang Mudik Lebaran

Lalu apa hubungannya mudik lebaran dengan peluang bisnis ? Apabila Anda jeli memperhatikan event tersebut maka fenomena mudik ini dapat dijadikan sebuah peluang usaha menjelang puasa dan lebaran atau peluang bisnis baru bagi Anda. Kemudian apa saja peluang usaha menjelang mudik lebaran yang dapat dilakukan di saat musim mudik lebaran hampir tiba ? Berikut beberapa diantaranya :

Peluang usaha menjelang mudik lebaran

  1. 1. Peluang Usaha Sewa Mobil Untuk Mudik Lebaran. Peluang usaha ini selalu ada dan laku karena memang sangat potensial ketika tiba musim mudik lebaran. Dengan jumlah pemudik yang banyak namun layanan transportasi yang cenderung kurang dapat memenuhi kebutuhan bahkan seringkali sulit untuk diperoleh karena tiket yang cepat habis telah membuat bisnis sewa mobil ini begitu menggiurkan. Ketika ada yang menyewa mobil untuk mudik lebaran, umumnya tidak cukup dengan satu atau dua hari saja tapi bisa sampai mingguan. Apabila ongkos sewa mobil diperkirakan dengan tarif 500 ribu sampai dengan jutaan perhari (tergantung dari merk dan type mobil) bahkan dapat naik sampai beberapa kali lipat ketika ketika semakin mendekati hari H, maka peluang bisnis ini akan sangat menggiurkan. Memang untuk jenis bisnis ini akan membutuhkan dana yang lebih besar untuk menyediakan mobil yang nyaman. Sebuah tips untuk Anda apabila memang berminat untuk membuka bisnis ini, sebaiknya cari partner yang memiliki minat sama untuk meringankan modal usaha.
  2. Usaha Jasa Sopir. Bisnis ini masih ada kaitannya dengan bisnis sewa mobil, karena biasanya ada yang satu paket ketika menyewa mobil, tapi ada juga yang berjalan sendiri. Apabila Anda mempunyai keahlian mengendarai mobil dan paham dengan rute luar kota serta propinsi, maka menyediakan jasa sopir dapat menjadi pilihan yang dapat dicoba. Untuk menjalankan bisnis ini anda tidak harus berjalan sendiri, Anda dapat merekrut beberapa sopir yang selanjutnya Anda carikan konsumen yang memerlukan jasa ini ketika musim mudik lebaran hampir tiba. Sudah terbukti banyak yang memanfaatkan jasa sopir ketika mudik, karena biasanya para pemudik lebih mencari kenyamanan ketika menempuh perjalanan panjang. Karena itu jasa sopir dapat dijadikan pilihan untuk para pemudik.
  3. Usaha Jasa Tempat Beristirahat. Dengan begitu banyaknya jumlah pemudik yang menempuh perjalanan panjang, tentu mereka akan memerlukan tempat untuk beristirahat. Kalau Anda mempunyai tempat atau lokasi yang berada di pinggir jalan raya maka tidak ada salahnya untuk mencoba menggunakannya sebagai lahan bisnis yang menjanjikan. Ubah dan desain tempat tersebut untuk dimanfaatkan sebagai tempat rest area. Berikan fasilitas di tempat tersebut dengan beragam kebutuhan pemudik, seperti minuman ringan, makanan, toilet atau kebutuhan lain yang ada hubungannya dengan kendaraan seperti kompresor untuk isi angin pada ban.
  4. Membuka Usaha Jasa Penitipan Hewan Peliharaan. Untuk seorang pecinta binatang peliharaan pastinya mereka akan sangat menyayangi binatang peliharannya, dan mereka pasti juga akan bingung ketika akan meninggalkan hewan peliharaannya tersebut ketika akan mudik lebaran karena sangat tidak mungkin untuk membawanya. Apalagi jika binatang peliharaan tersebut berharga mahal pasti akan sangat berat untuk meninggalkannya untuk mudik lebaran. Jadi manfaatkan peluang usha ini dengan membuka jasa mengurus dan merawat binatang peliharaan. Point terpenting untuk dapat menjalankan bisnis ini adalah kepercayaan dari konsumen. Kalau perlu carilah staf yang memang menguasai cara merawat hewan peliharaan tersebut dari mulai memandikan, memberi makan dan sebagainya.
  5. Menyediakan Jasa Penitipan Kendaraan. Bisnis ini mirip dengan usaha penitipan hewan peliharaan, hanya saja bisnis ini berupa penitipan kendaraan. Banyak orang yang merasa kurang aman disaat harus meninggalkan kendaraan di rumah dalam waktu lama. Untuk menjalankan usaha ini Anda dapat memanfaatkan rumah serta garasi untuk menjalankan bisnis ini, dan yang terpenting yaitu kepercayaan untuk menjaga keamanan kendaraan mereka.
  6. Usaha Kuliner Jajanan Khas. Usaha ini merupakan bisnis yang terbukti potensial terutama untuk Anda yang berada di daerah yang menjadi tujuan para pemudik. Anda dapat mencoba untuk membuka bisnis kuliner berupa makanan khas dari daerah Anda. Pasti banyak anggota dari keluarga yang mudik biasanya akan membawa oleh – oleh khas daerah tersebut untuk di bawa ke kota saat balik nanti. Peluang ini dapat Anda gunakan untuk memperoleh keuntungan. Sebagai saran, kemaslah produk oleh-oleh anda sedemikian rupa sehingga membuat produk jajanan khas daerah tersebut menjadi menarik, karena selain untuk memperoleh rezeki maka akan mengangkat daerah Anda menjadi lebih dikenal.

Dari berbagai peluang usaha menjelang mudik lebaran diatas carilah yang sesuai dengan kondisi anda dan paling mudah anda lakukan. Semoga sukses.

Artikel Terkait

Leave Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

two × two =