Manfaat Perencanaan Keuangan Keluarga Baru

Ketika memasuki kehidupan dalam sebuah pernikahan tentu anda pernah menerima banyak wejangan baik dari teman maupun keluarga tentang kehidupan sebuah rumah tangga. Memang banyak hal yang berubah ketika dua pribadi yang sebelumnya hidup sendiri kemudian memutuskan untuk hidup bersama. Banyak sekali perbedaan yang harus dipahami dan diselaraskan untuk dapat diterima oleh keduanya. Dan yang tidak kalah penting bahwa setelah menikah Anda dan pasangan harus segera membicarakan mengenai pengelolaan keuangan bersama. Perencanaan keuangan keluarga baru tentu berbeda dengan perencanaan keuangan bagi bujangan. Bagi kebanyakan orang perencanaan keuangan keluarga baru merupakan hal yang tabu, namun membicarakan keuangan bagi keluarga baru sangatlah penting. Pasangan setelah menikah wajib untuk mengerti kondisi keuangan pasangannya. Baik itu tabungan hingga kredit yang dimilikinya. Hal ini sangat perlu untuk menyusun prioritas yang ingin dicapai terlebih dahulu dalam kebutuhan keluarga.

Sistem Perencanaan Keuangan Keluarga Baru

Perencanaan Keuangan Keluarga Baru

Melunasi Kredit

Memiliki kredit atau hutang akan sangat berpengaruh pada sebuah keluarga apalagi keluarga baru. Sebaiknya setiap pasangan perlu jujur jika memang memiliki hutang atau kredit sebelum masuk ke pernikahan. Namun seandainya memang ada maka perlu dibahas mengenai penyebab dan keperluan kredit tersebut serta bagaimana mengangsurnya nanti.

Milikilah asuransi

Jika salah satu telah bekerja dan di cover asuransi oleh perusahaan maka biasanya pasangannya akan bisa diajukan untuk di cover juga. Namun lihat lagi manfaat yang diperoleh dari asuransi yang telah diberikan, apakah sudah cukup “melindungi” Anda dan pasangan? Asuransi justru sangat penting bagi sebuah keluarga baru yang sedang bertumbuh dan mengumpulkan uang. Jangan sampai keuangan yang sedang anda rintis bersama pasangan tergerus begitu saja untuk biaya berobat jika mengalami sesuatu yang tidak terduga. Carilah asuransi kesehatan murah namun memberikan manfaat maksimal yang sesuai dengan kemampuan anda.

Buat rekening tabungan baru jika perlu

Pada beberapa pasangan yang sudah dewasa dalam hal keuangan biasanya akan membuat rekening tabungan khusus untuk keluarga. Ini bertujuan untuk sesuatu yang yang lebih besar dan berjangka panjang. Rekening tersebut dapat berupa deposito ataupun tabungan berjangka atau terencana yang di tabung setiap bulannya. Rekening keluarga ini dapat Anda fungsikan sebagai persiapan biaya sekolah anak nantinya atau tabungan pensiun.

Dengan memiliki perencanaan keuangan yang cerdas yang disertai dengan komunikasi yang terbuka antar pasangan akan menjadi sebuah kunci kebahagiaan dalam keluarga anda. Sebaliknya ada banyak keluarga berantakan hanya karena keduanya atau salah satu pasangan tidak memiliki perencanaan keuangan yang baik. Karena itu selalu jujur dengan pasangan mengenai pemasukan dan pengeluaran anda dan pasangan.

Artikel Terkait

Leave Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

one × four =