Meningkatkan Penjualan Online Secara Sederhana

Meningkatkan penjualan online tentu menjadi prioritas semua yang menekuni bisnis online apalagi dengan semakin ketatnya persaingan dengan bermunculannya bisnis online baru yang turut meramaikan pengembangan bisnis online yang kemudian memaksa kita untuk selalu tampil maksimal untuk membangun strategi. Apabila tidak ingin tersingkir dalam bersaing untuk merebut konsumen, maka anda harus terus menciptakan terobosan untuk meningkatkan penjualan online. Setiap pelaku bisnis yang mengelola industri eCommerce pasti akan melakukan hal yang sama supaya tetap dapat eksis serta mampu bersaing di pasar online. Saat ini perkembangan bisnis online sangat dahsyat sehingga mau tidak mau akan menciptakan sebuah persaingan bisnis yang begitu ketat di pasar. Sesungguhnya terdapat beberapa teknik dan cara meningkatkan penjualan online yang dapat kita lakukan. Berikut di bawah ini merupakan beberapa cara sederhana yang dapat kita lakukan supaya dapat meningkatkan penjualan online kita. Meningkatkan Penjualan Online

TIps meningkatkan penjualan online

  1. Tetap fokus pada satu produk dan jasa. Jika saat ini anda menjual lebih dari 2 jenis produk atau jasa di toko online maka sangat disarankan bagi Anda untuk kembali menguji apakah dengan begitu Anda dapat memperoleh hasil yang maksimal. Sudah ada banyak kejadian membuktikan bahwa dengan menawarkan produk yang berjumlah sedikit pada satu tempat akan lebih meningkatkan nilai penjualan yang tinggi. Hal tersebut terkait tentang fokus pada bisnis Anda. Tujuan Anda awalnya mungkin hanya ingin dapat menyenangkan para pengunjung toko online Anda dengan memajang beragam jenis produk di etalase. Tapi yang Anda lakukan tersebut dapat menjadi sebuah kesalahan serius. Apabila Anda akan menjual sepatu, sebaiknya tetap fokus pada produk tersebut dan jangan mencampurnya dengan produk lain seperti baju. Dengan mencampur produk Anda maka hanya akan membuat anda kurang fokus sehingga akan kesulitan untuk melayani konsumen dengan baik.
  2. Fokuslah pada pengunjung website anda. Dalam proses meningkatkan penjualan online ada beberapa pelaku bisnis eCommerce yang keliru di dalam hal ini dengan melakukan promo secara besar-besaran namun tidak fokus pada visitor website sebagai konsumen. Justru mereka malah fokus kepada diri mereka sendiri. Sebuah contoh sederhana yaitu dengan terlalu sering menggunakan kata saya, kita atau kami ketika sedang melakukan promosi produk atau jasa mereka. Akan jauh lebih baik apabila kata-kata tersebut diganti menjadi Anda atau kamu. Karena dengan menggunakan kata “kamu” atau “Anda” bahkan jika mungkin dapat menggunakan kata “elo” untuk remaja akan lebih memberikan kesan bahwa Anda sangat senang melayani serta lebih fokus kepada konsumen. Sebaliknya jika terlalu sering menggunakan kata “saya”, “kami” dan kata sejenisnya akan lebih terkesan egois dalam menawarkan serta meminta konsumen supaya membeli.
  3. Kurangi ajakan supaya membeli meskipun Anda seorang penjual. Sebaiknya jangan terlampau sering menggunakan kalimat untuk mengajak pengunjung supaya membeli. Visitor website umumnya mendatangi ke sebuah situs justru untuk meemperoleh informasi secara gratis sebanyak mungkin. Buatlah mereka supaya tertarik dengan produk yang ditawarkan lebih dulu. Apabila terlampau banyak ajakan untuk membeli, maka Anda akan berpotensi untuk kehilangan pembeli sebelum mereka menerima transaksi ajakan Anda. Cara ini bisa dilakukan dengan mengurangi bahkan kalau perlu dengan menghapus kata-kata seperti “membeli,” “ongkos” serta “penjualan” jika terdapat di toko online Anda. Hanya saja perlu  diingat, dengan melakukan hal ini tidak kemudian akan langsung membuat konsumen segera membeli produk Anda, tapi setidaknya hal ini dapat membuat konsumen Anda lebih nyaman yang kemudian nantinya akan meningkatkan potensi untuk membeli.
  4. Tingkatkan daya tarik produk dengan menggunakan gambar. Sebaiknya jangan menyepelekan kekuatan gambar dalam proses branding pada sebuah produk. Deretan gambar dari produk akan membuat produk terlihat lebih nyata di situs online Anda. Hal ini sangat wajar karena konsumen hanya dapat melihat produk dengan melalui gambar. Dan akan menjadi keuntungan untuk Anda apabila konsumen menilai situs eCommerce Anda tampak lebih nyata. Kualitas gambar yang bagus dan jelas, akan semakin membuat konsumen menjadi lebih yakin terhadap bisnis online Anda. Jika anda sudah memperoleh kepercayaan dari konsumen maka otomatis akan meningkatkan penjualan online Anda.
  5. Buatlah konsumen yakin bahwa mereka membutuhkan produk ini sekarang. Hal ini penting dilakukan dalam proses meningkatkan penjualan online Anda. Ciptakan rasa urgensi terhadap konsumen pada produk yang ditawarkan. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan agar konsumen merasa sangat membutuhkan produk Anda. :
    • Tawarkan diskon harga dengan waktu terbatas dengan membuat pengunjung toko online merasa harus membeli sebelum tanggal tertentu supaya memenuhi syarat memperoleh diskon.
    • Tawarkan bonus dan dan produk gratis apabila pengunjung membeli dalam jumlah atau jangka waktu tertentu.
    • Tawarkan produk hanya dengan jumlah dan edisi terbatas.
    • Tawarkan bonus dengan jumlah yang terbatas.

Beberapa cara meningkatkan penjualan online di atas dapat Anda coba, dan pelajari serta analisa cara mana yang paling efektif terhadap toko online Anda, kalau memungkinkan dapat juga dilakukan secara bersamaan. Semoga sukses.

Artikel Terkait

Leave Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

four × four =