Membangun Bisnis Bersama Pasangan

loading...

Membangun bisnis bersama pasangan bukanlah hal yang mustahil untuk dilakukan. Bahkan mungkin anda sudah sering menyaksikan beberapa pasangan yang memiliki kisah sukses dalam dunia wirausaha. Walaupun mungkin membangun bisnis dengan pasangan bukan ide yang baik untuk sebagian kalangan.
Ada beberapa pendapat yang menilai bahwa bisnis yang di akukan bersama pasangan akan rentan dengan konflik. Namun banyak bukti di lapangan menunjukkan bahwa pasangan suami istri telah sukses merintis bisnis yang berhasil.

Mungkin ide ini menarik bagi anda dan pasangan untuk memulai mencobanya. Sebenarnya merintis bisnis bersama pasangan tidak jauh berbeda dengan kerjasama dengan mitra pada umumnya. Yang membedakan hanya terletak bahwa mitra bisnis Anda adalah pasangan Anda sendiri yang telah anda kenal lama.

Namun sebelum memulai membangun bisnis bersama pasangan, sebaiknya perhatikan beberapa hal penting di bawah ini :

Membangun bisnis bersama pasangan

membangun bisnis bersama pasangan

Samakan visi dan misi

Kesamaan tujuan meruoakan hal utama dan pertama yang wajib Anda pastikan. Hal ini mencakup tentang kesamaan visi dan misi bisnis yang akan Anda rintis bersama pasangan. Karena jika tujuan serta visi misi belum jelas serta sepakat maka akan menghambat dalam merintis bisnis yang akan dimulai.

Tetap profesional

Ini mungkin tidak mudah dan akan menjadi sebuah tantangan tersendiri jika mitra bisnis adalah suami istri. Sebagai seorang suami istri sudah pasti pasangan telah memiliki kedekatan yang erat. Di satu sisi kedekatan ini dapat merupakan modal yang kuat bagi Anda dalam berkomunikasi dan memahami satu sama lain. Tapi di sisi berbeda kedekatan tersebut juga rentan menjadikan profesionalisme tidak berjalan baik. Karena itu tetaplah profesional tanpa mengurangi romantisme anda berdua. Begitu pula pada saat muncul permasalahan dalam rumahtangga anda berdua maka tetaplah bersikap profesional dan tidak mencampurnya dengan urusan usaha.

Berbagi peran yang jelas

Pada saat menjalankan bisnis bersama pasangan maka lakukanlah pembagian tugas yang jelas antara anda dan pasangan. Dengan membagi peran yang jelas maka anda akan mudah untuk fokus pada peran serta tanggung jawab masing-masing saat menjalankan usaha. Misal anda memiliki bisnis klinik hipnoterapi maka bagilah tugasnya dimana salah satu mengurus karyawan dan pasangan satunya bagian marketing.

Dengan begitu membangun bisnis bersama pasangan bukanlah mustahil dilakukan. Mengenali setiap potensi yang akan memunculkan permasalahan sangat penting dilakukan. Ada banyak yang telah berhasil dalam hal ini. Lihat saja para pedagang di pasar yang sebagian adalah pasangan suami istri yang dapat membagi peran dengan pasangannya. Mungkin untuk memulai anda berdua akan begitu repot namun seiring waktu setelah anda memiliki karyawan maka semuanya akan berubah. Gunakan selalu jasa layanan psikologi untuk melakukan psikotes calon karyawan anda seperti di biro psikologi Yogyakarta.

loading...

Artikel Terkait

Leave Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

one × 4 =