Keahlian Untuk Membuat Bisnis Online Sendiri

Seiring dengan petumbuhan jumlah pengguna internet di seluruh dunia, hal ini kemudian membuat pertumbuhan bisnis online juga semakin banyak. Konsumen saat ini juga sudah tidak merasa takut lagi untuk melakukan transaksi online, apalagi dengan semakin banyaknya bank yang menyediakan fasilitas internet banking serta pembayaran online menggunakan debit card atau credit card. Walaupun sama-sama dapat menghasilkan uang namun bisnis online banyak berbeda dengan bisnis lainnya. Hal ini dikarenakan cara pemasarannya yang berbeda karena dilakukan melalui internet sehingga produk yang dijual tidak dapat disentuh secara langsung oleh pelanggan. Karena hal-hal tersebut maka sebagai seorang pebisnis online tentu wajib memiliki keahlian yang berbeda dengan pebisnis lainnya. Berikut dibawah merupakan beberapa keahlian yang diperlukan untuk membuat bisnis online sendiri :

membuat bisnis online sendiri

Membuat bisnis online sendiri

  1. Tidak harus ahli di bidang IT, yang terpenting adalah belajar. Sesuai dengan namanya, Bisnis online tidak dapat dipisahkan dengan yang namanya teknologi. Hal ini dikarenakan hampir seluruh kegiatan dilakukan secara online dengan menggunakan teknologi, mulai dari menyiapkan website, server hosting, smartphone sampai fans page di sosial media. Namun sebenarnya tidak semua orang yang terjun di bisnis online wajib mempunyai dan menguasai kemampuan di dunia IT, seperti programmer ataupun desainer website dan sejenisnya.
    Sangat banyak para pebisnis online yang tidak mempunyai keahlian khusus di IT. Mereka hanya bermodalkan niat dan keinginan yang kuat untuk berbisnis. Siapapun dapat memulai bisnis online tanpa harus memiliki modal yang besar serta keahlian IT yang hebat. Jangan takut untuk mulai berbisnis online walaupun tidak memiliki kemampuan di bidang IT. Sangat banyak peluang usaha yang dapat dipasarkan dan dijual secara online.
  2. Wajib mempunyai kemampuan berkomunikasi pada banyak orang. Walaupun bisnis online dilakukan tanpa adanya tatap muka secara langsung namun bukan berarti tidak ada komunikasi antara penjual dan pembeli. Bisnis online tetap sama dengan bisnis apapun yang membutuhkan komunikasi yang baik dengan siapa saja. Karena ketika ada pengunjung datang dan memerlukan informasi lebih lanjut maka penjual akan melayani berbagai pertanyaan seputar toko dan produk yang dijual.
    Apalagi biasanya dalam sebuah transaksi bisnis online tidak ada waktu banyak untuk dapat berkomunikasi dengan pelanggan. Fans page dari social menjadi sarana media efektif untuk berkomunikasi dengan para pembeli. Kecakapan seorang penjual dalam menjawab setiap pertanyaan dari pembeli serta kesabaran dalam melayani wajib kita miliki.
  3. Karena menjual barang hanya melalui gambar maka kita harus memajang dagangan dengan menarik. Bisnis online biasanya menggunakan toko online dan sosial media sebagai sarana untuk mendisplay produk dan mempromosikannya secara online. Keahlian lain untuk membuat bisnis online sendiri yang wajib kita miliki adalah kemampuan dalam memajang produk dengan menarik di website dan sosial media untuk mempromosikannya. Dimulai ketika memotret menggunakan kamera, mengeditnya, menuliskan deskripsi dan informasi produk lainnya, lalu mempromosikan di website toko online, sosial media hingga marketplace. Pembeli sangat menyukai gambar yang menarik namun natural sehingga tampak menyerupai bentuk aslinya. Jadi kalau kita melakukan editing foto produk dengan terlalu berlebihan, justru akan membuat pelanggan merasa itu bukanlah foto aslinya. Bahkan mungkin akan membuat mereka tidak percaya.
  4. Berusaha terus kreatif agar toko online tetap dikenal dan dicari. Dalam mengembangkan bisnis online menuntut kita untuk terus menjadi orang yang kreatif dalam banyak hal terutama dalam mendesain halaman website, fans page sosial media, hingga mendesain tampilan kemasan produk yang unik sehingga membuat pelanggan terus mengingat bisnis online kita dan menceritakan pada orang lain. Selain terus meningkatkan kualitas produk, kita juga meningkatkan hal yang lainnya seperti logo, layout website, serta semacam voucher diskon untuk pelanggan. Kreatif menjadi seuatuyang sangat diperlukan dalam bisnis online karena kalau tidak kreatif maka dengan mudah akan tergeser oleh pesaing yang jauh lebih kreatif daripada kita.
  5. Tetap konsisten. Jika ingin bisnis online kita berumur panjang maka yang terpenting adalah jangan mudah menyerah. Konsistensi terhadap terhadap konsep dan cita-cita sejak awal harus tetap dijaga sampai kapanpun. Ketika merasa lelah dan ingin berhenti ingatlah untuk tetap konsisten dengan apa yang telah kita jalani dan menjadi terget kita.

Membuat bisnis online sendiri sebenarnya mudah dilakukan dengan beberapa cara mulai dari menjual produk orang lain atau reseller, menjadi dropshipper, melakukan promosi di sosial media hingga proses pengiriman yang mudah menggunakan jasa pengiriman.

Peluang untuk sukses di bisnis online masih sangat luas. Hal ini dikarenakan bisnis online tidak hanya tentang teknologi, namun juga kreativitas, keinginan dan harapan besar untuk sukses.

Mulailah membuat bisnis online sendiri dengan menemukan ide kreatif di sekitar anda.

Artikel Terkait

Leave Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

nine − five =