Kartu Kredit Itu Apa Saja Fungsi dan Konsekuensinya ?

Tidak banyak yang tahu kartu kredit itu apa saja kegunaannya walaupun semua orang tahu kartu kredit itu apa, Selain itu tidak semua orang memiliki kartu kredit, entah karena belum mampu, pengajuan kartu kreditnya selalu ditolak atau karena takut. Namun umumnya rasa takut memiliki kartu kredit hanya akan muncul apabila kita belum sepenuhnya mengenal fungsi serta manfaat kartu kredit. Karena itu jika anda penasaran mengenai kartu kredit, mungkin beberapa ulasan dibawah mengenai kartu kredit itu apa saja fungsi serta konsekuensinya dapat memberikan gambaran kepada anda sebelum anda memutuskan untuk memiliki kartu kredit.

Kartu kredit merupakan kartu yang diterbitkan oleh lembaga keuangan atau bank sebagai alat pembayaran seperti halnya kartu debit. Kartu kredit memungkinkan pemiliknya untuk dapat melakukan pembayaran barang atau jasa walaupun tidak memiliki rekening atau tabungan di bank penerbit kartu kredit tersebut. Bank penerbit telah menentukan batas kredit maksimal yang dapat digunakan untuk berbelanja atau ditarik tunai jika memang diperlukan. Dengan begitu maka pemilik kartu kredit dapat melakukan pembayaran dengan menggunakan batasan kredit yang telah ditetapkan oleh bank penerbit kartu kredit sesuai dengan besaran limit yang terdapat pada kartu kredit tersebut.

kartu kredit itu apaSeperti halnya kartu debit, cara menggunakan kartu kredit sangat mudah, yaitu hanya dengan menyerahkan kartu kredit kepada kasir saat akan membayar transaksi pembelanjaan. Ketika transaksi pembayaran dilakukan, maka pemilik kartu kredit tersebut telah setuju untuk membayar “hutang” tersebut kepada bank penerbit kartu dengan pembubuhan tanda tangan pada struk pembayaran belanja.

Lalu kartu kredit itu apa saja keuntungannya ?

Manfaat kartu kredit yang paling utama adalah kenyamanan dan kemudahan. Pemegang kartu kredit akan lebih nyaman karena tidak perlu membawa banyak uang tunai ketika mau berbelanja, selain itu juga akan memperoleh keleluasaan untuk melakukan penundaan pembayaran. Selain itu, pihak penerbit kartu kredit akan memberikan points reward sebagai hadian dari setiap pembayaran tagihan dan transaksi yang telah dilakukan, yang nantinya dapat digunakan atau ditukar sebagai diskon, merchandise dan sebagainya. Bank penerbit kartu kredit biasanya juga bekerjasama dengan memerapa merchant dengan menyediakan potongan harga di toko atau restoran tertentu.

Sayangnya hingga saat ini masih saja banyak yang terjebak pada paradigma yang salah tentang kartu kredit yang mengakibatkan pemilik kartu kredit kemudian terjerat hutang berkepanjangan. Karenanya supaya tak salah langkah, sebaiknya pahami dulu konsep dasar tentang kartu kredit di bawah ini:

  • Kartu kredit hanyalah sebatas alat pembayaran pengganti uang tunai sehingga dapat dibayar belakangan.
  • Kartu kredit bukanlah uang tambahan, karena anda harus membayar tagihan sesuai dengan pemakaian sebelum jatuh tempo.
  • Anda akan dikenakan bunga jika hanya membayar tagihan sebesar minimum payment
  • Kartu kredit bukan alasan untuk terlihat bergaya dan modern. Karena itu gunakan sesuai dengan kebutuhan.

Bagaimana menggunakan kartu kredit ?

Setelah memahami konsep dasar kartu kredit, maka dibutuhkan langkah bijak dalam penggunaanya. Berikut ini beberapa tips menggunakan kartu kredit dengan baik :

  1. Miliki tujuan yang jelas ketika memiliki kartu kredit, misal sebagai sumber dana darurat, digunakan untuk memperoleh promo liburan (tiket pemesanan hotel atau pesawat), untuk pembayaran belanja online, atau ketika makan di luar saat perjalanan.
  2. Cukup dengan memiliki paling banyak dua kartu saja (Visa dan Mastercard). Usahakan keduanya dari dua penerbit yang berbeda serta memiliki benefit paling banyak.
  3. Batasi pemakaian maksimal 30% dari penghasilan setiap bulan, sehingga seandainya terjadi sesuatu akan sanggup untuk melunasi.
  4. Selalu lunasi tagihannya setiap bulan, jangan hanya membayar minimum paymentnya saja. Bayarlah sebelum jatuh tempo supaya tidak dikenai bunga (3,5% per bulan = di atas 40% setahun) dan denda.
  5. Tarik tunai hanya jika benar-benar terpaksa.

Setelah mengetahui gambaran tentang kartu kredit itu apa saja manfaat dan konsekuensinya maka gunakan kartu kredit dengan sebaik-baiknya, idealnya digunakan untuk berbelanja bulanan, membayar berbagai tagihan, membayar makan di restoran, pemesanan hotel, rumah sakit, dan lain-lain. Dan pastikan Anda telah menyediakan uang untuk melunasi tagihannya bulan depan atau Anda sudah memiliki sumber dana untuk melunasinya.

Artikel Terkait

Leave Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

four × 3 =