Cara Meningkatkan Keuntungan Usaha

loading...

Jika Anda saat ini sedang memulai mengembangkan sebuah usaha baru, sebaiknya anda tidak hanya mengandalkan sumber pembiayaan yang berasal dari modal usaha, investasi dana, modal dari teman atau keluarga, serta dari keuntungan properti. Melainkan dengan cara meningkatkan keuntungan usaha anda sehingga akan menghasilkan uang yang lebih banyak dari setiap transaksi sebagai sumber modal terbaik guna membiayai usaha Anda adalah.

Ketika usaha yang sedang Anda rintis kemudian kehabisan modal maka perhatikanlah dengan tetap tenang jenis memperoleh laba seperti apa yang selama ini Anda gunakan kemudian carilah cara untuk membalikkan kerugian yang Anda alami. Strategi untuk melakukan hal tersebut sebenarnya tidaklah sulit, yaitu dengan sedikit menurunkan keuntungan dari transaksi untuk kemudian menunggu datangnya keuntungan yang makin membesar.

Tapi ada bagian yang lumayan sulit untuk meningkatkan keuntungan usaha yaitu bagaimana cara Anda untuk dapat menganalisa serta merubah strategi usaha Anda sebagai mesin pencetak uang sebagai salah satu usaha mempertahankan kualitas dan tetap menjaga loyalitas konsumen serta karyawan.Cara Meningkatkan Keuntungan Usaha

Sebagai langkah awal untuk memulainya, berikut ini merupakan lima cara meningkatkan keuntungan usaha Anda :

  1. Dengan menjual produk lebih banyak pada pelanggan
    Kalau Anda ingin memperoleh keuntungan yang lebih besar, maka cara terbaik memulainya yaitu dengan meningkatkan volume penjualan kepada pelanggan yang sudah ada. Anda dapat melakukannya dengan cara menciptakan produk baru yang dibutuhkan konsumen namun belum banyak yang menjual. Bisa juga dengan memberikan insentif untuk orang yang dapat memperkenalkan produk kemudian menjual kepada orang yang mereka kenal. Ini merupakan salah satu tehnik terbaik sehingga pelanggan akan merekomendasikan produk Anda kepada semua orang.
  2. Masuklah di pasar yang berbeda
    Tehnik pemasaran lain yang dapat digunakan sebagai cara meningkatkan keuntungan usaha Anda adalah dengan mempromosikan produk Anda pada pelanggan yang berbeda. Christine Marcus, seorang CEO Phoodeez sebuah jasa pelayanan yang membantu restoran untuk melayani setiap diadakan acara kantor, mengatakan bahwa margin restoran yang sebelumnya berada pada kisaran 7% dan telah meningkat menjadi 12%. Namun, ketika mereka menjual makanan untuk acara kantor pada pasar yang berbeda ternyata itu jauh lebih menguntungkan dengan margin yang meningkat hingga 40-50%. Menciptakan peluang untuk memperoleh keuntungan baru dengan cara menjual produk pada pelanggan berbeda bisa menjadi cara meningkatkan keuntungan usaha Anda yang bagus.
  3. Cobalah dengan Menaikkan harga produk
    Anda juga bisa meningkatkan keuntungan usaha dengan cara menaikkan harga jual produk pada pelanggan. Walaupun hal ini dapat menjadi bumerang untuk pelanggan yang telah Anda miliki. Menaikkan harga dapat anda lakukan ketika anda memperkenalkan jenis produk baru kepada beberapa pelanggan sehingga mereka tidak begitu merasakan adanya perbedaan harga dengan sebelumnya.
  4. Mengurangi biaya produksi
    Sebuah usaha baru biasanya merasa khawatir untuk memangkas biaya produksi karena akan dapat mengurangi jumlah konsumen setia ataupun pelanggan yang potensial. Ada cara untuk melakukan hal tersebut yaitu dengan memangkas biaya namun tetap dengan tanpa mengorbankan kualitas produk. Namun cara ini hanya dapat dilakukan ketika diasumsikan bahwa produksi usaha Anda berada di bawah efisiensi 100 %. Sebagai contoh, jika usaha Anda adalah sebuah restoran. Setiap hari restoran Anda buka dan maka Anda harus menyediakan jumlah makanan yang cukup untuk disajikan pada para pelanggan Anda setiap harinya. Ketika Anda dapat menyediakan stok makanan dalam jumlah yang tepat, maka hari itu anda hanya akan memiliki sisa makanan yang sedikit. Namun kalau Anda memesan dalam jumlah yang terlalu banyak maka Anda mungkin akan membuang sisa makanan yang lebih banyak.
  5. Sesuaikan gaji karyawan
    Langkah ini sebenarnya kurang disarankan atau kalau perlu dapat dijadikan sebuah langkah terakhir jika perusahaan mengalami defisit. Walaupun langkah ini memang sangat efektif namun jika dilakukan hanya dengan tujuan sebagai cara meningkatkan keuntungan usaha saja maka justru itu akan berpotensi menghancurkan usaha anda sendiri terlebih ketika pekerja merupakan ujung tombak dan penggerak utama usaha anda. Jika anda sedang memulai merekrut tenaga kerja maka coba mempertimbangkan dengan menggunakan jasa outsourcing sehingga anda dapat mengurangi beban gaji karyawan tanpa harus membahayakan usaha Anda.

Beberapa cara meningkatkan keuntungan usaha diatas dapat diterapkan sesuai dengan jenis usaha anda yang sedang anda rintis atau jalankan saat ini. Semua memang tergantung dari kondisi market dan persaingan, namun dengan melihat celah serta peluang maka cara meningkatkan keuntungan usaha dapat dilakukan demi kesejahteraan Anda dan karyawan anda.

loading...

Incoming :

mengutamakan inveatasi dalam usaha yg meningkatkan keuntunggan,

Artikel Terkait

Leave Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

20 − thirteen =