Cara Mendaftar BPJS Ketenagakerjaan Secara Online

loading...

Jika anda pernah bekerja di perusahaan swasta tentu pernah diikutkan sebagai peserta Jamsostek yang saat ini menjadi BPJS Ketenagakerjaan. Sebuah manfaat yang sangat terasa dengan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan adalah jaminan memperoleh manfaat berupa dana tunai ketika mencapai usia 55 tahun. Walaupun BPJS Ketenagakerjaan juga dapat dicairkan dalam beberapa keadaan tertentu. Lalu bagaimana untuk pekerja bukan penerima upah seperti seorang wirausaha atau pedagang serta pekerja mandiri sejenisnya. Pertanyaan ini dijawab oleh BPJS Ketenagakerjaan yang menyediakan layanan BPJS Ketenagakerjaan bagi pekerja bukan penerima upah. Dengan demikian BPJS Ketenagakerjaan untuk para driver ojek online, pedagang, petani dan sebagainya bisa diikuti oleh mereka. Lebih menyenangkan lagi bahwa pekerja bukan penerima upah bisa dengan cara mendaftar BPJS Ketenagakerjaan secara online. Jadi apapun profesi anda kini dapat mandiri menggunakan layanan BPJS Ketenagakerjaan dengan cara mendaftar melalui e-registrasi BPJS Ketenagakerjaan.

cara mendaftar BPJS Ketenagakerjaan secara online

Cara Mendaftar BPJS Ketenagakerjaan Secara Online

Untuk menjadi peserta dengan cara mendaftar BPJS Ketenagakerjaan online melalui internet sangat mudah dilakukan dengan beberapa persyaratan yang cukup mudah. Berikut syarat mendaftar BPJS Ketenagakerjaan secara online untuk menjadi peserta mandiri :

  1. Memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) sesuai dengan data kependudukan.
  2. Peserta BPJS Ketenagakerjaan minimal berusia 13 sampai 55 tahun.
  3. Nomor handphone yang aktif
  4. Mengisi formulir elektronik untuk menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.
  5. Membayar iuran BPJS Ketenagakerjaan setiap bulan sebelum jatuh tempo pada bulan berikutnya melalui bank yang telah di tunjuk.
  6. Membayar iuran pertama setelah menerima kode iuran untuk mendapatkan hak dan manfaat jaminan sosial ketenagakerjaan.
  7. Melakukan pembayaran iuran pertama untuk mendapatkan bukti pembayaran iuran BPJS Ketenagakerjaan.
  8. Melaporkan kepada Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan untuk menukarkan bukti pembayaran dengan Kartu Peserta BPJS Ketenagakerjaan. Sebagai informasi kantor BPJS Ketenagakerjaan berbeda dengan kantor BPJS Kesehatan ya.

Sesudah mengetahui semua persyaratan mendaftar BPJS Ketenagakerjaan secara online di atas selanjutnya buka link e-registrasi berikut :
https://es.bpjsketenagakerjaan.go.id/bpu-mobile/index.zul

cara mendaftar BPJS Ketenagakerjaan secara online

Kemudian isikan semua form yang tersedia sesuai data sebenarnya.

Selesai melakukan pendaftaran e-registrasi BPJS Ketenagakerjaan online jangan lupa untuk melakukan pembayaran iuran kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan mandiri melalui beberapa bank antara lain BNI, BRI, Mandiri, BCA, Bukopin, BTN, BJB dan beberapa merchant lainnya.

Fasilitas Web Mobile BPJS Ketenagakerjaan

Selanjutnya untuk memantau semua aktifitas pembayaran dan pertumbuhan dana di BPJS Ketenagakerjaan anda bisa menggunakan layanan mobile BPJS Ketenagakerjaan. Jadi anda dapat memantau akun BPJS Ketenagakerjaan melalui android anda.

Dana dari iuran yang peserta bayarkan akan dikelola oleh BPJS Ketenagakerjaan dengan pertumbuhan yang baik di atas bunga deposito bank. Sehingga manfaat menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan dapat anda nikmati ketika telah menjalani masa pensiun nantinya dengan memperoleh hasil pengembangan dari setiap iuran bulanan yang anda bayarkan. Dengan begitu masa pensiun anda akan lebih terjamin. Semakin muda anda menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan maka manfaat di masa pensiun juga akan lebih besar. Apalagi untuk menjadi peserta cukup mudah hanya dengan cara mendaftar BPJS Ketenagakerjaan secara online melalui internet.

loading...

Artikel Terkait

Leave Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 × four =