Cara Memulai Usaha Jasa Penitipan Anak

Cara Memulai Usaha Jasa Penitipan Anak. Padatnya aktifitas dan kesibukan kerja saat ini sudah menjadi suatu rutinitas yang tidak dapat dihindari terlebih pada masyarakat di perkotaan. Tuntutan mencari nafkah untuk mencukupi kebutuhan hidup seringkali telah menjadikan orangtua secara tanpa sengaja menjadi kurang memperhatikan masa tumbuh kembang sang anak.

Tentu saja tidak secara sengaja melakukan hal tersebut. Apabila kemudian si kecil tidak memperoleh bimbingan dan perhatian yang cukup dari orang tua maka hal ini pastinya akan menjadi kerisauan tersendiri untuk orangtua yang memang sedang sibuk mencari nafkah.

Untuk dapat memberikan pendidikan, bimbingan dan perhatian pada anak secara efektif, biasanya para orangtua lebih memilih untuk menggunakan jasa penitipan anak dibandingkan membiarkan anak dirumah bersama asisten rumah tangga. Hal seperti itulah yang kemudian menjadikan usaha jasa penitipan anak kini berkembang pesat di banyak kota besar. Lalu apa saja yang perlu dipersiapkan untuk dapat menjalankan usaha jasa penitipan anak?

Cara Memulai Usaha Jasa Penitipan Anak

Berikut beberapa cara memulai usaha jasa penitipan anak :

  1. Mengurus Legalitas Usaha. Memulai usaha jasa penitipan anak rupanya tidak hanya memikirkan tentang bagaimana cara membimbing anak-anak berdasarkan tingkat usia dan karakter. Selain itu wajib bagi kita untuk mengurus dan mengurus legalitas usaha jasa penitipan anak yang mau kita dirikan. Untuk mempermudah proses pengurusan ijin usaha jasa penitipan anak, kita dapat berkonsultasi langsung dengan Dinas Perijinan di kota anda atau dapat juga dengan notaris.
  2. Merekrut SDM Yang Kompeten. Untuk memulai usaha jasa penitipan anak akan membutuh tenaga SDM yang sudah ahli dan terampil untuk mampu mengurus dan menangani anak dengan tingkat usia serta latar belakang yang berbeda. Maka sudah menjadi keharusan bagi kita untuk melakukan proses rekruitmen secara selektif. Jangan sampai kita mempunyai SDM yang kurang mampu bahkan kurang sabar ketika mengasuh anak apalagi dalam jumlah banyak. Kalau perlu pada saat rekruitmen anda dapat menggunakan tes Psikologi untuk menguji kelayakan dan kemampaun SDM yang akan menjadi pengasuh pada usaha jasa penitipan anak yang kita rintis. Biaya untuk tes Peikologi sebenarnya tidak terlalu besar hanya berkisar setidaknya 250 ribu saja maka Anda sudah dapat memperoleh kemampuan dan karakter dari calon pengasuh di usaha jasa penitipan anak Anda. Sekedar saran apabila usaha anda berlokasi di Yogyakarta dan sekitarnya maka dapat menggunakan jasa tes Psikologi di Biro Psikologi Yogyakarta Laksita Educare. Seorang pengasuh bukan cuma sekedar harus suka pada anak kecil dan sabar, namun pengasuh anak yang kita rekrut juga wajib mempunyai fisik yang sehat serta penampilan bersih sehingga akan memberikan rasa nyaman pada anak-anak.
  3. Mengetahui Latar Belakang Pengasuh Anak. Demi menjamin keamanan para anak asuh kita nantinya, maka pastikan kita mengetahui detil latar belakang para pengasuh yang telah kita seleksi dengan mencari tahu tentang tempat tinggal dia menetap, riwayat kesehatan serta karakter dan kelakuan baiknya yang akan menjadikan jaminan bahwa para pengasuh yang kita rekrut akan berperilaku baik dan tidak akan melakukan sesuatu yang tidak wajar. Maka ketika mencari pengasuh harus kita biasakan untuk terlebih dahulu melakukan seleksi SDM dengan ketat sebelum kemudian memutuskan untuk merekrut SDM tersebut.
  4. Memberikan Pelatihan Secara Berkala. Setelah memiliki SDM sebagai pengasuh yang handal serta berkualitas, selanjutnya untuk dapat terus mempertahankan serta terus meningkatkan kualitas pelayanan usaha jasa penitipan anak kita maka kita sebaiknya memberikan pelatihan kepada para pengasuh anak secara berkala dan rutin. Pelatihan yang diberikan tersebut dilakukan dengan secara ringan dan menyenangkan sehingga lebih mudah untuk diterima kemudian dipraktekkan oleh SDM sebagai ujung tombak usaha jasa penitipan anak.
  5. Buatlah Lembaran Formulir Aplikasi Untuk Diisi Klien. Form aplikasi tersebut akan diisi oleh calon klien kita yang berisikan informasi lengkap yang akan menjadi data penting bagi usaha Anda. Beberapa dari informasi tersebut yang wajib Anda butuhkan diantaranya merupakan identitas dari orangtua dan anak, kontak person serta alamat lengkap yang dapat kita hubungi lengkap dengan informasi tentang identitas anak berupa umur, kebiasaan makan, alergi yang dimiliki dan kebiasaan yang diajarkan orangtua dirumah. Tentukan juga mengenai waktu asuh yang akan disepakati.
  6. Buatlah Tarif Asuh yang Fleksibel. Jadwal setiap orang berbeda satu dengan yang lain, beberapa orangtua ada yang cuma memerlukan jasa penitipan anak cukup beberapa jam saja ketika hari kerja. Tapi tidak jarang juga yang membutuhkan jasa penitipan anak dalam waktu 9 sampai 10 jam setiap harinya. Karena itulah perlu dibuat beberapa paket asuh dengn tarif berdasarkan perhitungan jam dan jangka waktu sesuai dengan kebutuhan klien.
  7. Membuat Strategi Pemasaran. Sesudah seluruh persiapan untuk memulai usaha jasa penitipan anak telah disusun dengan matang, maka selanjutnya hanya perlu menentukan strategi promosi dengan tujuan meningkatkan popularitas usaha Anda. Strategi promosi dengan cara modern dapat dilakukan dengan cara melalui berbagai social media. Kemudian untuk cara promosi konvensional dapat dilakukan dengan membagikan brosur di banyak tempat seperti komplek perumahan serta perkantoran dapat dijadikan strategi pemasaran yang lumayan efektif. Ciptakan strategi yang unik serta kreatif sehingga akan lebih menarik perhatian banyak orang.

Dengan mengetahui cara memulai usaha jasa penitipan anak akan memberikan gambaran untuk menjawab kebutuhan banyak orangtua yang memang memiliki kesibukan yang padat. Dengan merintis usaha jasa penitipan anak ternyata dapat dijadikan peluang usaha yang menarik. Terlebih kalau kita memang menyukai dunia anak-anak maka pilihan usaha yang satu ini akan menjadi sebuah hobi yang memberikan keuntungan.

Incoming :

promosi penitipan anak yang menarik,

Artikel Terkait

Leave Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

five × four =