Bijaksana Memakai Kartu Kredit

loading...

Apabila anda merupakan seorang karyawan baru di sebuah perusahaan yang bonafit maka besar kemungkinan anda akan sering di tawari untuk membuka kartu kredit. Dan jika Anda sudah memutuskan untuk memiliki kartu kredit maka anda harus bijaksana memakai kartu kredit dan memahami konsekuensinya. Paling tidak ada 3 alasan bagi anda untuk wajib bijaksana memakai kartu kredit yaitu :

1. Balance yang anda gunakan dari Kartu kredit merupakan hutang yang harus Anda lunasi.
2. Suku bunga di kartu kredit termasuk tinggi sekitar 2.95% setiap bulannya
3. Kartu kredit dapat memicu gaya hidup konsumtif yang akan mempengaruhi finansial Anda.

bijaksana memakai kartu kredit

Cara bijaksana memakai kartu kredit

Namun disamping ketiga hal di atas ada berita baiknya juga jika Anda dapat menggunakan kartu kredit secara bijaksana. Untuk membantu Anda memanfaatkan kartu kredit dengan baik berikut 8 cara bijaksana memakai kartu kredit yang dapat Anda lakukan :

1. Gunakan kartu kredit sesuai rencana

Biasakan diri Anda untuk berbelanja sesuai rencana awal sesuai dengan kebutuhan anda. Dengan begitu anda sudah tahu kemana akan belanja dengan membawa daftar rencana belanja sehingga Anda akan mampu mengendalikan pengeluaran Anda. Misalkan semenjak dari rumah Anda berencana akan menggunakan kartu kredit untuk membeli microwave maka langsunglah menuju toko perabotan dan fokus membeli microwave yang anda butuhkan.

Memang untuk fokus dan konsisten pada rencana belanja awal memang tidak gampang. Ketika anda berada di pusat perbelanjaan akan selalu saja ada produk yang akan menggoda Anda untuk membeli. Misalnya, ada produk panci yang dipromosikan beli satu dapat gratis produk lainnya. Apabila anda membuka pikiran anda untuk tertarik membeli barang tersebut, maka ingatlah kembali rencana belanja Anda sebelumnya.

2. Jangan lakukan gesek tunai melalui kartu kredit

Salah satu kemudahan kartu kredit yang sering digunakan tanpa semestinya adalah dengan melakukan gesek tunai. Namun hal tersebut sebenarnya dilarang oleh pihak bank penerbit kartu kredit. Kalaupun terpaksa anda dapat memanfaatkan dengan menarik uang tunai dari ATM walaupun dengan konsekuensi bunga yang lebih besar daripada gesek tunai.Penarikan uang tunai dari kartu kredit dikenai bunga 4-5% per bulan. Tentu bunga ini akan membebani diri sendiri nantinya dalam membayar tagihan. Dan hal tersebut bukanlah sebuah langkah bijaksana memakai kartu kredit

bijaksana memakai kartu kredit

3. Jangan tergiur tawaran merchant

Bank penerbit kartu kredit biasanya akan bekerja sama dengan beberapa merchant. Disinilah biasanya merchant memiliki beberapa trik cerdas supaya pemilik kartu kredit berbelanja di tempat mereka. Perhatikan saja setiap kali mereka mengirim tagihan kartu kredit ke alamat anda seringkali ada brosur yang terselip di dalamnya.

4. Memakai kartu kredit untuk berhemat

Apabila anda sering bepergian ke luar kota untuk urusan bisnis atau pribadi maka Anda dapat memakai kartu kredit untuk berhemat. Disinilah fungsi promo kartu kredit yang dapat kita manfaatkan sebagai cara bijaksana memakai kartu kredit. Biasanya kartu kredit memberikan promo bagi pemegang kartu kredit untuk memanfaatkan fasilitas airport lounge hingga makan gratis di restoran elit yang ada di bandara tersebut. Apabila tidak gratis setidaknya Anda dapat memperoleh harga promo dari menu di tempat tersebut.

5. Cek dan perhatikan tagihan dengan kartu kredit

Apabila dalam kurun waktu satu bulan anda pernah menggunakan kartu kredit maka Anda akan memperoleh tagihan bulanan yang dikirimkan ke alamat kantor atau rumah Anda. Selalu cek dengan cermat tagihan tersebut untuk memantau apakah ada kejanggalan transaksi. Kalau ternyata ada transaksi yang menurut anda janggal segera hubungi layanan pelanggan dari penerbit kartu kredit tersebut untuk informasi transaksi.

bijaksana memakai kartu kredit

6. Selalu bayar lunas tagihan setiap bulan

Seandainya itu bukan cicilan 0% maka usahakan untuk selalu membayar lunas tagihan bulanan sesuai total belanja. Karena jika anda membayar dengan minimum payment maka anda akan kena bunga sekitar 2.95% setiap bulan dari total tagihan awal bukan dari sisa tagihan. Jika hal ini anda lakukan maka anda hanya kan menumpuk bebean tagihan pada bulan-bulan berikutnya. Karena itu selalu bayar penuh tagihan kartu kredit daripada mencicilnya. Dengan begitu maka Anda akan lebih mudah mengatur keuangan untuk keperluan pokok lain tanpa pusing dibebani tunggakan cicilan bulanan kartu kredit.

7. Simpan kartu kredit jika belum dibutuhkan

Jika anda tergolong orang yang konsumtif maka sebaiknya simpan kartu kredit tersebut di rumah saja. Cara ini selain untuk mengurangi potensi Anda dari belanja tanpa rencana, juga untuk menghindarkan Anda dari kehilangan kartu kredit tersebut karena dompet Anda jatuh atau dicopet. Sudah banyak kasus kartu kredit tersebut dikuras habis hanya karena ditemukan orang yang tidak bertanggung jawab. Tentunya andalah yang akan ditagih untuk membayarnya.

8. Batasi kartu kredit maksimal 2 buah

Biasanya jika Anda telah mempunyai kartu kredit dengan transaksi dan pembayaran lancar, maka Anda akan mudah disetujui jika ada tawaran kartu kredit lagi dari bank lain. Seandainya Anda memang masih membutuhkan maka batasi jumlah kartu kredit Anda maksimal dua saja. Hal ini karena jika anda mempunyai banyak kartu kredit maka Anda akan mengeluarkan uang tambahan untuk membayar iuran tahunan. Sekedar saran milikilah kartu kredit yang berbeda jenis yaitu Visa dan Mastercard karena masing-masing seringkali memiliki promo yang berbeda.

Anda akan menerima banyak sekali manfaat jika bijaksana memakai kartu kredit. Beberapa cara di atas dapat anda gunakan supaya Anda terbantu untuk memperoleh manfaat kartu kredit anda. Jangan sampai justru malah tagihan yang membengkak tiap bulannya. Tidak ada salahnya untuk selalu berdiskusi terlebih dahulu dengan keluarga dalam setiap penggunaan kartu kredit anda..

loading...

Artikel Terkait

Leave Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ten + 6 =