Begini Cara BI Checking Online Sendiri

BI checking merupakan istilah lain dari Informasi Debitur Individual (IDI) Historis yang dihasilkan oleh Sistem Informasi Debitur (SID) sehingga bisa dilakukan cara BI checking online. Hanya Bank Indonesia saja yang dapat menerbitkan data-data ini. Disebut BI Checking karena pihak yang berkepentingan dengan semua data tersebut adalah debitur. Sebagai ilustrasi saja bahwa IDI Historis atau BI Checking tersebut merupakan semacam raport tentang baik atau buruknya riwayat kredit dari seorang debitur. Adanya raport ini telah diatur dalam Peraturan Bank Indonesia No: 9/14/PBI/2007 Tentang Sistem Informasi Debitur. Biasanya proses BI Checking dilakukan oleh karyawan bank yang memiliki akses ke SID Bank Indonesia ketika ada calon debitur yang akan mengajukan kredit di bank tersebut.

Banyak yang belum tahu bahwa sebenarnya kita dapat melakukan pengajuan proses BI Checking online sendiri melalui internet dengan sangat mudah. Kebanyakan masih menganggap bahwa proses SID hanya dapat dilakukan melalui karyawan bank untuk keperluan kredit saja.

Cara BI Checking Online

Beginilah cara BI checking online sendiri melalui internet :

  1. Akses situs Bank Indonesia melalui link berikut http://www.bi.go.id/id/moneter/biro-informasi-kredit/permintaan-idi-historis/formulir/Formulir.aspx
  2. Isi lengkap semua kolom yang terdapat pada formulir online dengan data-data sesuai KTP kemudian klik kirim form. Selanjutnya dari Bank Indonesia akan mengirim email konfirmasi. Karena itu sangat penting untuk mencantumkan alamat email yang benar.
  3. Lamanya balasan dari BI tak dapat dipastikan. Bisa dalam beberapa hari atau bahkan sepekan.
  4. Melalui email konfirmasi dari BI akan diketahui apakah nama kita tercatat dalam IDI Historis atau tidak. Kalau terdaftar maka kita harus mengambil hardcopy-nya ke Gerai Info Bank Indonesia terdekat di kota kita.
  5. Saat mengambil hard copy BI Checking kita wajib membawa print out email konfirmasi dari BI dan identitas diri seperti KTP, SIM, atau paspor.
  6. Pengambilan berkas BI Check hanya dapat diwakilkan kepada suami, orangtua, atau anak dengan melampirkan surat kuasa bermaterai plus foto copy kartu keluarga (KK) karena data BI Checking bersifat sangat rahasia.
  7. Untuk mengetahui alamat Gerai Info Bank Indonesia terdekat di kota anda dapat mencarinya melalui internet.

Cara membaca data di BI Checking

Lembaran Formulir BI Checking berupa tabel-tabel seperti dalam Microsoft Excel. Namun sangat mudah untuk membacanya dengan memperhatikan pada kolom Kolek dan Tunggakan. Dia dalam kolom Kolek dan Tunggakan tersebut berisi riwayat kredit debitur. Di lembar BI Checking tersebut tercantum semacam durasi keterlambatan tunggakan yang belum dibayar yang dinilai dengan menggunakan skoring dalam skala 1-5. Makin kecil nilai skoringnya berarti semakin baik. Sebaliknya jika nilai skoringnya semakin besar berarti semakin buruk. Misalnya jika terjadi keterlambatan angsuran dalam hitungan hari atau lewat bulan dan kemudian dibayar maka akan mendapatkan skor 2. Dan jika tidak ada tunggakan maka skornya 1.

Melalui proses BI Checking maka kita dapat mengetahui apakah Bank Indonesia telah memasukkan nama seseorang debitur berupa track record angsuran dan bahkan dalam blacklist debitur. Selain itu, informasi ini biasanya digunakan para analisis kredit bank atau lembaga keuangan untuk menentukan apakah seseorang debitur layak diberikan pinjaman atau tidak.

Jadi jika anda merasa aplikasi kredit anda ditolak terus walaupun syarat telah dilengkapi semua, maka cobalah untuk melakukan cek ID Historis. Siapa tahu dari situ dapat mengingatkan anda jika pernah bermasalah dengan angsuran kredit. Walaupun mungkin saat itu anda tidak kredit di bank, namun jika anda pernah berurusan dengan perusahaan leasing saat kredit kendaraan, tetap saja akan tercatat oleh BI.

BI Checking telah menjadi penentu awal layak tidaknya seseorang menerima pinjaman/layanan bank seperti kartu kredit. Setidaknya kita telah mengetahui cara BI checking online sendiri yang dapat dilakukan oleh siapa saja tanpa pakai ribet. Jangan percaya kalau ada yang bilang tidak bisa BI checking online sendiri.

Incoming :

cara membaca bi checking,cara bi checking online,bi checking online,cara melihat bi checking,aplikasi bi checking,bi checking,bi go id bi checking,cara membaca hasil BI checking,cara cek bi checking,cek sid bank indonesia online,

Artikel Terkait

5 Comments

  1. Ronny

    Balas

    Terkait IDI HIstoris,
    Ada riwayat kurang bagus terkait kartu Kredit Bank M**A… dimana sepengetahuan saya kartu sudah tidak dipakai karena sudah ditutup / bayar lunas.
    Tahun berikutnya muncul tagihan baru atas indikasi biaya annual. dikarenakan kartu tidak dipakai saya acuhkan tagihan tersebut karena:
    1. Saya berasumsi tidak ada pemakaian baru
    2. Tagihan membesar 5 kali biaya tahunan.
    3. Setiap ada konfirmasi tagihan petugas tidak mampu memberikan informasi riwayat transaksi atas tagihan yang diajukan.
    4. Cara menyelesaikan perselisihan agar IDI Historis kembali sehat.

    Terima kasih
    Salam,

  2. Cecep,,

    Balas

    Ada riwayat kurang bagus terkait perKreditn Bank Bpr dimana sepengetahuan saya bbrapa kali nunggak, ttpi bln brikutnya saya bayar Lunas,, apa saya trmasuk sid nyak tdk bagus, mohon u/ sgera kmbali putih catatan saya,karna prkreditan saya sdh 3tahunan sdh beres /LUNASS,,

  3. AWR

    Balas

    Sama dengan rekan yang lain, saya tidak dapat pemberitahuan sebelumnya atau kabar penagihan kalau memang ada tagihan yang perlu saya bayar, dan saya konfirmasi ke Bank B…A saldopun balance tapi nama saya muncul Black list di BI karena kartu kredit bank tersebut dan jumlahnya pun tidak besar limit dan pemakaianya.., saya pun sudah mendapat surat Pelunasan dari Bank B…A itupun sampai beberapa kali saya minta tapi percuma nama saya sudah diBlack oleh BI, terimakasih Bank B…A

Leave Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

nine + fifteen =