5 Tips Mendapatkan Supplier Online

Saat ini bisnis online telah menjadi sebuah pilihan yang dijalani oleh banyak orang terutama kawula muda, karena selain cepat dan mudah dilakukan, bisnis online juga tidak membutuhkan modal yang besar. Bagi pelaku bisnis online yang mempunyai modal terbatas untuk ready stock, dapat menggunakan sistem dropship jadi tidak perlu lagi pusing dengan masalah pembelanjaan barang dan inilah kendala yang sering dijumpai oleh pemula karena sulitnya mendapatkan supplier online yang siap menjalin kerjasama dua arah dengan mereka. Resiko yang biasanya muncul dari sistem dropship ini biasanya jika barang yang dikirim tidak sesuai pesanan, terlambat diterima atau bahkan cacat maka anda sebagai penjual online yang akan terkena komplain dari kostumer secara langsung.

Karena sistem dropship ini berarti barang yang dipesan pembeli pada anda akan dikirim langsung dari supplier sehingga anda tidak dapat memantau kondisi barang secara langsung. Hal tersebut tentu saja akan menimbulkan reputasi online shop anda menjadi terganggu. Berikut dibawah ini beberapa tips untuk mendapatkan supplier online yang tepat bagi bisnis dropship anda :

mendapatkan supplier online

Cara Mendapatkan Supplier Online

  1. Cari suppiler online melalui sumber-sumber terpercaya
    Anda bisa mendapatkan supplier online dari berbagai forum jual beli, komunitas, marketplace dan beberapa tempat lainnya. Selalu perhatikan dan pantau semua komentar-komentar atau testimoni dari para konsumen yang pernah membeli di toko online tersebut, apakah kebanyakan merasa puas atau justru banyak klomplain. Pada beberapa marketplace anda dapat melihat logo atau tanda seperti jumlah bintang yang merupakan penanda tingkat kredibilitas dan reputasi seller berdasar kepuasan para konsumennya.
  2. Pastikan bisa mendapatkan kontak person
    Ada beberapa marketplace yang memang tidak mengijinkan para penjualnya untuk mencantumkan kontak person dan hanya memfasilitasi komunikasi melalui berkirim pesan. Jika anda merasa yakin, tes dahulu dengan membeli barang di toko tersebut, kemudian minta ia mencantumkan kontak yang bisa dihubungi. Pastikan ia bisa dihubungi setiap saat ketika anda membutuhkan barang untuk dikirim ke pembeli.
  3. Jangan mudah tergiur harga murah
    Ada banyak sekali barang dagangan yang dijual di toko online dengan dibanderol harga lebih murah dari standar. Kalau anda menemukan penawaran yang cenderung banting harga, justru sebaiknya anda jangan terkecoh. Memang wajar jika anda memborong sangat banyak pada supplier tentu harga akan jauh lebih murah, namun bisa saja justru barang tersebut merupakan stok lama yang tersimpan didalam gudang, atau barang dengan kualitas dibawah standart.
  4. Test pesanan
    Selain jangan langsung tertarik dengan penawaran yang menggiurkan, anda perlu melakukan ujicoba untuk bertransaksi dalam jumlah kecil sebelum melakukan transaksi dalam jumlah besar. Coba dulu seperti apa kualitas pelayanan mereka, secepat apa respon mereka atas telepon/sms anda dan bagaimana cara mereka menangani keluhan kostumer.
  5. Pilih supplier yang aktif
    Pastikan supplier pilihan anda sering aktif di dunia online bahkan tidak hanya di satu tempat saja. Cari informasi dimana saja dia berjualan dan aktif berdiskusi, karena biasanya pelaku bisnis online tidak hanya berjualan saja namun juga aktif berdiskusi di beberapa forum internet. Selain itu supplier yang selalu mengupdate produk baru secara berkelanjutan dapat menjadi sinyal kalau barang mereka selalu berputar karena laku lalu melakukan restock kembali.

Beberapa tips mendapatkan supplier online penting untuk dilakukan karena dengan menjadi seorang pelaku bisnis online pemula memang dituntut untuk memastikan kredibilitas supplier supaya toko online anda selalu terjaga reputasinya sehingga tidak mengecewakan kostumer nantinya.

Artikel Terkait

Leave Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

two × 4 =