5 Cara Belanja Supaya Lebih Hemat

Seringkali kita sulit menahan keinginan untuk membelanjakan uang kita ketika sedang berada di pusat perbelanjaan, apalagi kalau sedang ada obral atau discount. Namun keinginan belanja yang tinggi dapat menimbulkan masalah keuangan pada setiap orang, terlebih apabila tidak diimbangi dengan kemampuan finansial yang mencukupi, maka hobby belanja akan menjadi sebuah bumerang yang dapat mengacaukan perekonomian kita sendiri. Sebenarnya tidak masalah mempunyai hobby belanja asalkan mengetahui cara belanja supaya lebih hemat dengan mengatur keinginan belanja sesuai dengan kebutuhan, terutama kalau anda saat ini atau berencana memiliki program menabung untuk investasi.

Bagi beberapa orang, belanja telah menjadi sebuah gaya hidup bahkan hobby, namun yakinlah bahwa hal tersebut bukanlah hobby yang baik. Karena itu diperlukan kemauan yang kuat untuk dapat membatasi diri dan mengontrol keinginan atau hobby berbelanja tersebut. Berikut dibawah merupakan beberapa cara belanja supaya lebih hemat untuk mengurangi keinginan berbelanja :

cara belanja supaya lebih hemat

Cara belanja supaya lebih hemat

  1. Ketika anda tertarik untuk membeli sesuatu, sebelumnya cari tahu dulu manfaat dari barang tersebut untuk anda, baik itu untuk jangka pendek maupun jangka panjang. Seandainya barang tersebut tidak kita beli apakah akan menimbulkan masalahatau tidak. Yang paling penting pada saat menentukan adalah, pikirkan apa saja masalah yang akan muncul jika benda tersebut tidak jadi kita beli. Jika memang tidak ada masalah berarti kita sebenarnya tidak begitu membutuhkan barang tersebut, jadi sebaiknya anda mengurungkan niat untuk membeli benda tersebut.
  2. Pertimbangkan kekurangan barang yang akan kita beli, tanpa pernah memikirkan kelebihannya sebelum anda memikirkan kekurangannya. Langkah ini juga akan membantu anda untuk menerapkan langkah yang pertama diatas.Ketika anda mengetahui kekurangan barang tersebut maka bisa jadi selera anda untuk membeli benda tersebut akan berkurang bahkan hilang dengan sendirinya.
  3. Ketahui secara pasti kondisi keuangan anda. Wajib bagi anda untuk benar-benar paham dan anda harus dapat memposisikan diri pada kondisi dengan berpikir bahwa mencari uang itu brgitu susah. Jadi kalau mencari uang saja sudah susah, lalu kenapa harus menghambur-hamburkan uang untuk membeli barang yang kurang begitu diperlukan.
  4. Seandainyapun barang yang akan anda beli tersebut memang sangat anda butuhkan, tetap saja jangan langsung membelinya, namun coba pikirkan kembali, apakah anda telah memiliki barang lain yang juga mempunyai fungsi yang mirip atau bahkan sama dengan benda yang akan anda beli nantinya. Contoh, jangan membeli televisi baru jika televisi yang sudah anda miliki sekarang masih dapat digunakan. Jangan membeli televisi karena ingin memiliki televisi dengan model terbaru, namun belilah televisi yang memang sesuai dengan kebutuhan anda.
  5. Susunlah rencana kuangan dan menabunglah untuk membeli sesuatu yang lebih mahal dan bermanfaat. Dengan cara ini maka anda akan lebih termotivasi untuk tidak sembarangan berbelanja karena anda telah mempunyai rencana lain yang jauh lebih besar dan bermanfaat dengan uang anda

5 cara belanja supaya lebih hemat diatas tidak kemudian mengajarkan orang menjadi kikir dan pelit namun menuntut kita lebih bijaksana dan bertanggung jawab dengan uang yang kita miliki.

Artikel Terkait

Leave Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

12 + seven =