10 Kesalahan Terbesar Dalam Bisnis

Bisnis yang menguntungkan dan terus tumbuh tentu menjadi sebuah harapan bagi para pengusaha, namun hal tersebut bukanlah sesuatu yang mudah diwujudkan. Bahkan justru sebaliknya pasang surut dan naik turun dalam sebuah bisnis sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam dunia usaha. Jika Anda ingin dapat selalu bertahan untuk menjadi sukses dalam berbisnis, maka terlebih dahulu Anda harus menyadari kesalahan-kesalahan terbesar dalam bisnis yang umum dan jebakan yang dapat merusak rencana bisnis yang sudah anda persiapkan dengan baik sebelumnya.

kesalahan terbesar dalam bisnis

Berikut adalah 10 kesalahan terbesar dalam bisnis yang perlu Anda waspadai :

1. Memilih jenis usaha yang salah
Memulai bisnis dan menentukan jenis usaha apa yang akan dijalankan memang bukan perkara yang mudah. Karena itu dalam merencanakan sebuah usaha jangan hanya asal-asalan atau sekedar ikut-ikutan tren dalam memulai bisnis.
Sebuah usaha yang anda jalankan akan terasa sulit untuk berhasil jika anda memilih sebuah jenis usaha yang anda sendiri tidak paham, tidak memiliki gairah, atau bukan di bidang yang anda sukai.
Dalam memulai sebuah usaha, perlu dilakukan perencanaan bisnis yang matang karena anda akan berhadapan dengan banyak risiko dan mungkin dari pesaing anda.

2. Visi yang kurang
Dengan tidak adanya visi baik dalam jangka pendek dan jangka panjang yang jelas dalam perencanaan bisnis anda maka anda akan kurang memiliki kekuatan fondasi usaha anda. Tentukan apa yang ingin anda capai dalam memulai bisnis. Tanpa visi usaha anda akan berjalan tanpa arah tujuan yang jelas.

3. Salah menetapkan harga
Dalam memulai sebuah usaha anda wajib tahu harga jual produk anda di pasar, atau setidaknya produk yang sejenis, sesuaikan dengan fungsi dan manfaat serta kebutuhan masyarakat. Jika harga yang anda pasang terlalu tinggi, maka kemungkinan besar pelanggan tidak akan membeli dari anda walaupun mungkin hanya selisih sedikit dari toko lain. Namun jika harga anda yang anda tetapkan terlalu rendah maka anda akan rugi dan juga merusak harga pasaran. Pastikan anda telah memperhitungkan semuanya sebelum anda memutuskan dalam strategi menentukan harga untuk melawan pesaing anda. Analisa semua biaya yang anda keluarga dan tentukan bagaimana harga yang anda buat akan memengaruhi bottom-line.

4. Meremehkan sumber daya dan modal
Salah satu kesalahan terbesar dalam bisnis yang sering dilakukan oleh pengusaha disaat memulai sebuah usaha adalah membuat asumsi yang tidak realistis dalam laju usahanya, arus kas dan proyeksi keuangan, padahal semua modal yang di dapatkan berasal dari pinjaman bank atau menjual aset. Dalam memulai bisnis luangkan waktu anda untuk membuat perencanaan usaha yang akurat dan memastikan bahwa anda tahu persis berapa biaya yang dibutuhkan bisnis dan apakah modal anda cukup untuk jenis usaha tersebut.

5. Memulai bisnis dengan modal terlalu kecil
Buatlah kalkulasi yang dapat menghitung kecukupan modal dengan jenis usaha yang akan dijalankan. Apakah modal anda benar-benar dapat menghidupi bisnis yang akan dijalankan? Jika tidak apa anda tahu bagaimana dan dari mana cara memperoleh tambahan modal yang anda butuhkan? Jika anda tidak memiliki uang tunai yang cukup untuk modal awal bisnis anda dan menopang kehidupan anda dan bisnis anda sebelum bisnis anda benar-benar menghasilkan, maka ada kemungkinan besar bahwa bisnis anda akan berakhir dengan kegagalan.

6. Tidak memiliki model bisnis yang kuat
Usaha yang dijalankan dapat berakhir dengan kegagalan jika anda tidak mempunyai pemahaman yang jelas tentang bagaimana bisnis yang dikelola akan menghasilkan uang. Walaupun anda memiliki modal dan investor, anda tetap harus mempunyai jalur yang jelas untuk menghasilkan pendapatan untuk bisnis anda.

7. Tidak mempekerjakan orang yang tepat
Kualitas dan kemampuan tim anda yang anda miliki akan menciptakan sebuah perbedaan besar dalam bisnis. Pengusaha yang sukses akan selalu mempertimbangkan kualitas sumber daya manusia sebagai kunci keberhasilan mereka. Karena itu lakukan rekrutmen karyawan yang sesuai kriteria serta memiliki semangat dan visi dan berkomitmen untuk bekerjasama dalam bisnis yang anda kelola.

8. Salah mengelola (mismanaging) bisnis
Memulai dan menjalankan sebuah bisnis adalah awal yang harus dilakukan, namun mengelola bisnis akan memberikan cerita yang sama sekali berbeda. Dalam mengelola sebuah usaha, anda tetap harus mampu menjaga tujuan dan arah yang telah ditetapkan dari awal, karena dalam bisnis anda akan selalu ada peluang dan resiko, pastikan arus keuangan anda sehat dan memadai, menjaga karyawan tetap termotivasi dan bergairah, dan selalu mampu mengelola serta survive menghadapi pasang surut ekonomi.

9. Gagal untuk menangani pertumbuhan
Sebuah usaha akan mampu berkembang dengan baik apabila pengelolanya mampu menangani pertumbuhannya dengan baik. Transaksi dapat gagal apabila anda tidak tahu bagaimana cara menangani peningkatan jumlah pelanggan, menyalurkan distribusi, keterbatasan stok dan supplier, dan lain sebagainya.

10. Melawan keinginan untuk meminta bantuan
Ketika mengalami masalah dan kendala dalam sebuah usaha banyak pengusaha biasanya enggan untuk meminta nasihat dari orang lain, bisa jadi karena mereka terlalu bangga dengan usahanya, atau karena mereka takut seseorang akan mencuri ide mereka.

Dari 10 kesalahan terbesar dalam bisnis diatas dapat menjadi gambaran umum dalam memulai sebuah usaha. Sehingga diharapkan kita mengetahui apa yang kita butuhkan dan apa yang akan kita hadapi dalam menjalankan bisnis kita nantinya.

Artikel Terkait

2 Comments

  1. marmin

    Balas

    Wah ternyata aryikel artikel di baca aja com sangat membantu orang seperti sy ini yg buta informasi bisnis dan permodalan kususnya perbangkan mohon kiranya bisa membantu dg info info lainya yg di butuh banyak orang kususnya yg di daeraj daerah seperti sy ini trimakasih banyak mohon info untuk berlanganan artikel di kenakan biaya berapa ato gratis kali ya heeeee

    • Rayden

      Balas

      Senang bisa membantu,
      Artikel ini gratis untuk berlangganan silahkan subscribe melalui menu berlangganan di bawah.
      Terimakasih

Leave Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 × 5 =