10 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga

loading...

Mengatur keuangan rumah tangga merupakan suatu hal yang penting untuk dilakukan karena merupakan sesuatu yang akan menentukan masa depan keluarga tersebut terutama masa depan anak-anak dan masa tua orang tua. Sangat tidak dapat dibayangkan jika anak-anak tidak dapat memiliki masa depan yang baik dan menggapai cita-cita mereka hanya dikarenakan orang tua mereka tidak mampu atau bahkan tidak mau mengatur keuangan rumah tangga dengan baik. Mengatur keuangan rumah tangga sebenarnya dapat dimulai dari hal-hal kecil namun seringkali tidak terpikirkan oleh orang tua, bahkan kebanyakan orang tua lebih menuruti keinginan mereka sendiri daripada mempersiapkan keuangan untuk masa depan anak-anak mereka dan masa tua orang itu sendiri. Berikut ini ada 10 cara mengatur keuangan rumah tangga yang dapat anda sesuaikan dengan kondisi anda masing-masing.

mengatur keuangan rumah tangga

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga

1. Menetapkan Tujuan Keuangan

Bagi beberapa orang tua, tidak ada yang lebih menyenangkan daripada menyisihkan dan menabung sebagian penghasilan mereka yang direncanakan untuk dapat memiliki rumah dengan tiga kamar tidur dan halaman rumah berpagar putih. Bahkan tidak sedikit yang berkeinginan untuk keliling dunia di hari tua mereka.

Dan ternyata memang benar bahwa kalau kita mempunyai tujuan yang jelas dan pasti akan membuat kita lebih mudah untuk mengatur keuangan pribadi. Dengan begitu maka akan menjadi motivasi untuk meningkatkan penghasilan dan menyisihkan uang untuk persiapan masa tua mereka.

2. Membuat Rencana Pengeluaran

Pada kebanyakan orang rata-rata menggunakan sekitar 2/3 dari penghasilan mereka untuk tiga kebutuhan penting yaitu : makanan, perumahan, dan transportasi. Selain itu ada kebutuhan lain untuk angsuran kredit, tabungan, biaya rumah tangga, dan kebutuhan lain seperti hiburan.

Anda sebaiknya membuat anggaran tahunan dengan mengalokasikan tujuan belanja berdasarkan pembagian pos masing-masing sebagai upaya mengatur keuangan rumah tangga.

3. Menahan Diri Dari Rayuan Penawaran Penjualan

Setiap toko pasti memiliki strategi yang bagus untuk menguras habis kantong para pembelinya. Dengan memunculkan tawaran promosi seperti promo diskon, bonus dan sebagainya merupakan beberapa teknik yang digunakan oleh penjual supaya konsumen tertarik untuk membelinya.

Namun apabila kita mampu memahami trik mereka, maka akan membuat kita mampu menahan godaan dari tawaran-tawaran yang menggiurkan tersebut sehingga anda dapat dengan mudah untuk mengatakan tidak pada semua tawaran menggiurkan tersebut.

4. Lacak Pengeluaran Setiap Hari

Mencatat dan melacak semua pengeluaran setiap harinya maka akan dapat mengetahui sehingga dapat menekan pengeluaran yang tidak perlu, seperti makanan restoran dan nonton di bioskop.

5. Cari Produk Sejenis Dengan Harga Yang Lebih Murah

Apabila harga produk di sebuah toko menurut anda lebih mahal dari toko yang lainnya maka sebaiknya jangan ragu untuk berpindah dari toko tersebut.

6. Bandingkan Secara Online Sebelum Mengunjungi Toko

Cari dan bacalah tentang review dari produk yang akan anda beli, kalau perlu carilah toko atau marketplace yang merupakan gudang diskon online yang selalu memberikan informasi tentang bagaimana dan di mana anda akan menemukan penawaran terbaik. Apalagi kalau tersedia promo pengiriman secara gratis, tentu hal ini dapat dijadikan pilihan untuk melakukan pembelian online.

7. Cari Pendapatan Lebih dari Satu Sumber

Selain untuk meningkatkan penhasilan tiap bulan, gejolak ekonomi saat ini dapat membuat siapa pun akan dapat kehilangan pekerjaan atau menghadapi pemotongan gaji. Apabila seseorang mengalami hal tersebut maka jangankan akan mengatur keuangan rumah tangga, bahkan untuk mencukupi kebutuhan setiap haripun pasti sulit. Namun dengan memiliki sumber pendapatan lain maka hal tersebut dapat diatasi. Karena itu carilah ide-ide baru tentang bagaimana mendapatkan uang yang lebih banyak.

8. Mulai Bisnis Sendiri

Pada negara maju seperti Amerika yang memiliki kedewasaan berpikir pada masyarakatnya, maka krisis ekonomi justru akan memberikan ide lebih banyak pada orang untuk memulai berwirausaha, sebagai langkah untuk tetap memegang kendali kehidupan finansial mereka dan mengatur keuangan rumah tangga.

Bahkan usaha relatif kecil, seperti blog yang menghasilkan uang melalui iklan atau kebun yang menghasilkan bunga, bisa berubah menjadi sumber penghasilan yang lumayan.

9. Negosiasikan Gaji Kembali

Jika anda masih memiliki pekerjaan di kondisi ekonomi sekarang ini maka anda termasuk orang yang sangat beruntung. Namun jika memungkinkan maka meminta kenaikan gaji dapat menjadi langkah yang lebih cerdas.

Kalau Anda baru saja berganti pekerjaan, menerima promosi, atau menyadari dibayar rendah dibandingkan dengan rekan-rekan yang lain, mungkin sudah saatnya untuk duduk dengan atasan dan meminta kenaikan gaji.

10. Jangan Menghindar dari Hutang

Memang seringkali hutang memiliki reputasi buruk karena dinilai menyebabkan kebangkrutan. Namun mengambil kredit dengan pengelolaan yang tepat ternyata dapat berguna asalkan anda memang mampu untuk mengatur keuangan rumah tangga dan menggunakan uang dari hutang tersebut untuk hal yang produktif.

Kredit memungkinkan orang untuk membeli rumah maupun membiayai keperluan mendesak lainnya. Tapi tetap evaluasi keputusan tentang utang ini dengan mempertimbangkan dampaknya secara hati-hati.

Dengan memperhatikan 10 cara mengatur keuangan rumah tangga diatas setidaknya dapat membantu anda untuk lebih baik dalam mengatur keuangan rumah tangga anda.

loading...

Artikel Terkait

Leave Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

9 + 3 =